CARA MEMBUAT "VENTURI AIR SYSTEM"



CARA MEMBUAT "VENTURI AIR SYSTEM" PENDUKUNG KOLAM TEBAR PADAT
Venturi Air System (VAS) adalah alat pendukung untuk pelarutan Oxygen dengan air kolam buat kegiatan Budidaya Ikan Lele pada kolam-kolam kecil, di lahan-lahan yang terbatas dengan sistem tebar benih padat tinggi antara 800 ekor/m3 hingga 1.000 ekor/m3.

Tidak semua orang memiliki lahan yang besar dan juga modal yang besar untuk membangun kolam-kolam yang banyak guna melakukan budidaya ikan lele, namun umumnya semua orang (termasuk saya) pasti akan terus mencari dan berupaya melahirkan inovasi-inovasi baru tentang strategi budidaya ikan di lahan terbatas (rumahan) itu agar bisa memperoleh hasil yang maksimal, setidaknya bisa hampir setara dengan mereka yang memiliki lahan dan kolam yang lebih luas.

Dengan lahan yang terbatas itu, maka tidak ada cara lain kolam-kolam kecil itu harus di isi dengan benih ikan lele dalam jumlah yang banyak, diluar batas normal jumlah benih yang ditebar pada umumnya kolam-kolam biasa / konvensional, agar dapat memperoleh hasil yang lumayan banyak.

Akan tetapi bila jumlah benih yang ditebar dalam jumlah yang banyak/padat pada kolam-kolam yang sempit tanpa ada sebuah perlakukan khusus, maka dapat dipastikan ribuan benih ikan lele itu tidak akan berusia panjang, karena terlalu sesak dan kebutuhan Oxygen terlarut di dalam air kolam pun dapat dipastikan sangat kurang memadai, apalagi ketika di malam hari, dimana Oxygen mulai semakin menipis di udara.

Venturi Air System (VAS) adalah salah satu cara, dari banyak cara lainnya untuk memperkaya Oxygen terlarut di dalam air kolam yang terbatas itu dengan jumlah benih ikan yang ditebar padat secara non-stop 24 jam sehari.

Venturi Air System (VAS) memang tidak diproduksi oleh pabrik, dan tidak juga dijual dipasaran, akan tetapi cara sederhana ini ingin saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mulai melakukan budidaya ikan lele dilahan-lahan terbatas dengan sistem tebar benih padat untuk dapat menjadi sebuah sistem handalan dalam mempertahankan hidup ribuan benih-benih ikan lele itu hingga panen.

Venturi Air System (VAS ) harus Anda buat dan kerjakan sendiri sebagai buah karya Anda sendiri. Sedangkan 19 buah foto di kolom komentar dibawah status ini hanyalah sebagai panduan saja untuk menginspirasi Anda dalam menghasilkan karya besar Anda itu nanti.



Foto 1 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat

Bahan-bahan :
1, Sambungan pipa PVC
2. Selang udara (selang untuk bangunan)
3. Solder (bisa dibeli di toko bangunan hanya @Rp.10.000)
4. Gunting


.

Foto 2 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Lubangi pipa PVC menggunakan Solder yang panas. (perbesar gambar, klik pada foto)
.
Foto 3 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Perbesar lubang dengan ujung gunting sebesar Selang Udara yang akan dimaksukkan kedalam ujung pipa air keluar. (perbesar gambar, klik pada foto)


Foto 4 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Gunting selang udara serong / lancip, bagian serong dimasukkan ke dalam lubang pipa. (perbesar gambar, klik pada foto)

Foto 5 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Masukkan selang udara yang sudah digunting serong ke lubang pipa PVC. Bagian selang yang ada lubang serongnya arahkan ke depan, dan bagian tak terpotong serong arahkan ke belakang pipa yang berlawanan dengan arah air datang dari pompa. (perbesar gambar, klik pada foto)
Foto 6 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Selang udara tampak dari dalam lubang pipa. (perbesar gambar, klik pada foto)
.
Foto 7 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Pasang VAS di pipa air sirkulasi kolam, buat 3 atau 4 titik VAS di ujung pipa air keluar yang di dorong dari mesin pompa untuk jatuh kembali kedalam kolam. (perbesar gambar, klik pada foto)
.

Foto 8 - Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Air sirkulasi dari kolam yang masuk kembali ke dalam kolam telah tercampur dengan Oxygen melalui proses Venturi Air System ini yang di pompa dengan pompa celup merek, Amara AA-107 (100 watt),atau anda bisa pakai mesin pompa celup 60 watt untuk kolam yang lebih kecil. (perbesar gambar, klik pada foto)

Jika air ternyata keluar dari selang udara, maka sistem Venturi belum bekerja maksimal, silahkan putar selang udara pada posisi lain hingga air tidak keluar lagi dari selang udara dan terdengar suara yang keluar dari selang seperti udara yang tersedot.

Melalui VAS, Oxygen akan terius menerus masuk melalui selang dan bercampur dengan air yang lewat melalui pipa untuk selanjutnya jatuh kembali ke dalam kolam guna mensuplai oxygen terlarut buat benih ikan tebar padat agar dapat bertahan hidup dengan baik.

Selain dapat mensuplai oxygen terlarut, VAS juga menjadi handalan dalam mengatasi air kolam yang berbau agar tidak mengganggu kenyamanan para tetangga kita. (perbesar gambar, klik pada foto)
Foto 9 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Pompa celup Amara AA-107 (100 watt) ini menggunakan pipa 3/4 untuk mensirkulasi air bagian tengah kolam, sekaligus mengoperasikan Venturi Air System. (perbesar gambar, klik pada foto)
Foto 10 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Dari mesin pompa kolam dapat dibuat dua saluran yang diberi kran, saluran 1 menuju ke proses Venturi Air System dan saluran 2 ke pembuangan akhir/selokan untuk keperluan menguras kolam dengan mesin pompa atau untuk mengurangi air kolam bagian dasar/bawah. Jangan lupa pada bagian tengah sambungan tengah antara mesin pompa dengan dua saluran pembagu jangan di Lem, agar mudah dicopot guna keperluan untuk melakukan perawatan mesin pompa kolam (lihat gambar). (perbesar gambar, klik pada foto)
Foto 11 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Coba perhatikan kolam terpal ini berukuran 2 X 6 X 1 meter yang di isi dengan 4.500 ekor benih lele, pada umumnya benih lele itu tidak terlalu sering muncul ke permukaan kolam untuk menghirup udara sebagaimana kolam konvensional lainnya, itu dikarenakan Oxygen terlarut di dalam air kolam sudah cukup ideal jumlahnya bagi kebutuhan seluruh lele yang ada di dalam kolam melalui proses Venturi Air System. (perbesar gambar, klik pada foto)

Foto 12 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Pengoperasian Venturi Air System (VAS) sebagai pendukung budidaya lele tebar padat pada kolam yang sempit telah diuji dibanyak tempat karena berhasil membuat benih semakin nyaman, sehat dan aman dengan kebutuhan Oxygen terlarut yang semakin tercukupi di dalam kolam yang dihuni benih yang ramai/padat. (perbesar gambar, klik pada foto)
Foto 13 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Pompa Kolam Celup Amara AA-2400 (60 watt). (perbesar gambar, klik pada foto).
Foto 14 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat.

Foto 15 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Usia Sangkuriang 33 hari didukung dengan "Ventri Air Sistem" (29 Mei - 30 Juni 2013). dengan pakan full pelet 4 X sehari. (perbesar gambar, klik pada foto)
.
Foto 16 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat - Pompa celup 100 Watt untuk proses pelarutan Oxygen pada air kolam tebar padat melalui "Venturi Air System" yang dihidupkan selama 24 jam non-stop, hanya berbiaya listrik Rp. 59.976,- per-bulan. (perbesar gambar, klik pada foto).

Keterangan gambar tertulis 7,2 Kwh, mestinya 72 Kwh. Tks
Foto 17 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat

Foto 18 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat.

Foto 19 : Venturi Air System (VAS) Untuk Tebar Padat.

Semoga informasi ini ada manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia
 Karya Pak Arie Achmad Jauhari

Tulisan / Artikel di Blog ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri Dilarang mencopy sebagian atau seluruh isi di blog ini tanpa mencantumkan sumbernya. Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Budidaya Buah Naga Pada Media Pot

Budidaya ikan Lele. Pemijahan secara Intensif (streeping)