CARA MEMBUAT "VENTURI TURBO INJECTOR (VTI)" PENDUKUNG KOLAM TEBAR PADAT

Venturi Turbo Injector adalah sistem pelarutan air kolam dengan Oxygen pada Kolam Lele Terpal Tebar Padat yang sangat efesien dan berbiaya rendah serta dapat dibuat sendiri sebagai hasilkarya sendiri.
Pada kolam terpal ukuran 2 X 6 X 1 meter denganketinggianair 60 cm lewat kepadatan tebar benih 5.760 ekor (800 ekor/m3) misalnya, tentu semakin membutuhkan air kolam yang berkadar Oksigen tinggi agar benih ikan lele dapat hidup lebih nyaman dan tidak terlalu sering naik turun ke permukaan air kolam untuk menghirup udara, sebab jika ikan lele terlalu aktif naik turun ke permukaan air kolam maka pakan yang kita berikan setiap hari akan terbuang menjadi energi untuk sering bergerak, akan lama besar, kurang sehat atau sering mati.
Dengan air kolam yang terus menerus terlarut dengan butiran-butiran halus Oksigen yang banyak secara non-stop dapat mengurangi kematian benih secara sangat signifikan dalam jumlah tebar yang padat dikarenakan benih kekurangan O2.
Eksperimen pembuatan sendiri "Venturi Turbo Injector (VTI)" ini telah menambah perbendaharaan keberhasilan uji coba sebelumnya yaitu "Venturi Air System (VAS)" yang dapat Anda dilihat juga pada file foto group ini.
Untuk mengoperasikan Venturi Turbo Injector (VTI) ini, saya hanya menggunakan Mesin Pompa Celup 100 watt pada kolam-kolam terpal berukuran 2 X 6 X 1 meter, merek Amara AA-107 yang dapat diperoleh di toko-toko ikan hias terdekat di kota Anda.
Penggunaan listrik untuk menggerakan mesin celup 100 watt ini selama 24 jam non-stop dalam 30 hari (sebulan) sebagai salah satu cara memperkaya Oxygen terlarut di dalam air kolam lele tebar padat tergolong sangat hemat, biayanya hampir setara dengan 5 bungkus rokok Dunhill Mild. :)
Berikut ini perhitungan biaya listrik pompa kolam Amara 107 tersebut yaitu : 100 watt X 24 Jam X 30 hari = 72.000 Wh = 72 Kwh. Tarif Dasar Listrik Rumah jenis R-1 tahun 2013 ini adalah Rp.833,- per-Kwh.
Jadi biaya penggunaan listrik mesin celup 100 watt itu adalah : 72 Kwh X Rp.833,- = Rp.59.976,-. perbulan.
Venturi Turbo Injector (VTI) akan bekerja menyemburkan Oxygen di dalam air kolam, sangat cocok buat Anda yang kurang suka suara gemercik air kolam bila menggunakan Venturi Air System (VAS).
Venturi Turbo Injector (VTI) memang tidak diproduksi oleh pabrik, dan tidak juga dijual dipasaran, akan tetapi cara sederhana ini ingin saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mulai melakukan budidaya ikan lele dilahan-lahan terbatas dengan sistem tebar benih padat untuk dapat menjadi sebuah sistem handalan dalam mempertahankan hidup ribuan benih-benih ikan lele itu hingga panen.
Venturi Turbo Injector (VTI) ini harus Anda buat dan kerjakan sendiri sebagai buah karya Anda sendiri. Sedangkan 8 buah foto di kolom komentar dibawah status ini hanyalah sebagai panduan saja untuk menginspirasi Anda dalam menghasilkan karya besar Anda itu nanti.
 









 


Karya Pak Arie Achmad Jauhari
Semoga berman faat bagi yang membaca
Tulisan / Artikel di Blog ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri Dilarang mencopy sebagian atau seluruh isi di blog ini tanpa mencantumkan sumbernya. Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah Budidaya Buah Naga Pada Media Pot

Budidaya ikan Lele. Pemijahan secara Intensif (streeping)